Berita CIC

Subdit III Jatanras Ditreskrimum Polda Jatim Tangkap Komplotan Curanmor Sekaligus Pemalsu Dokumen Motor

Anggota Subdit III Jatanras Ditreskrimum Polda Jawa Timur yang dikomandani oleh Kompol Oki Ahadian Purnomo berhasil tangkap sindikat pencuri motor dan pemalsu nomor rangka (Noka) dan nomor mesin (Nosin) motor.

Kasus itu melibatkan tersangka, Shafa Kurnia Haris (38) warga Dusun Krajan RT 04 RW 02, Trengih, Rembang, Pasuruan, Yono (44) warga Dusun Ngawen RT 01 RW 13, Parerejo, Purwodadi, Pasuruan dan Chotib (40) warga Dusun Krajan RT 02 RW 02, Pajaran, Rembang, Pasuruan.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko, Jumat (4/9/2020) menjelaskan, aksi itu terjadi pada 26 Mei, 24 Juli dan 30 Juni 2020. Kejadian pertama curat, kemudian tindak pidana pemalsuan surat dan curat dan penadahan.

Komplotan ini memiliki kemampuan, mengamuflase atau perubahan, terkait no rangka dan mesin. Dari kemampuan ini kemudian menjadi seolah olah kendaraan hasil curian sah teregister di regident Ditlantas.

Hal itu kemudian disamakan dengan STNK dan BPKB yang dimiliki mendasari dengan pembelian hasil kendaraan kecelakaan lalu lintas. Lalu dijual tersangka. Harganya tentu menjadi normal, membeli surat menyirat asli, kemudian membeli hasil kendaraan curat dan mengambil keuntungan.

Dalam mengidentifikasi sesuai tidaknya walaupun angka nomor huruf sama, namun bisa saja secara identifikasi berbeda ini akan merugikan masyarakat. Artinya fungsi kepolisian juga mampu melakukan register dan identifikasi nomor mesin yang ada di Indonesia.

Terakhir Kabid Humas mengimbau masyarakat untuk lebih ekstra hati hati membeli kendaraan bekas. Sebelum dibeli sebaiknya dilakukan pengecekan terlebih dahulu di samsat terdekat, ini sebagai pelayanan untuk mengecek keabsahannya

1 reply »

  1. Assalamualaikum bapak komandan, mohon ijin mau menanyakan mengenai sepeda motor.

    Minggu lalu sepeda motor saya hilang di curi dan sy sudah laporan ke POLSEK TAMAN dengan laporan no : LPB/245/VIII/2020/jatim/restasda/sektaman tanggal 25 agustus 2020 , pelapor a/n DOMMY. ARDIAN dengan rincian kendaraam :

    UNIT : BEAT HITAM 2019 (STRIPING HIJAU) ada pecah di cover body depan sblh kiri
    PLAT NOMOR : W 4308 V
    No RANGKA : MH1JM212XJK254609
    NO MESIN : JM21E2241223

    Mohon bantuannya komandan barangkali pelaku yang tertangkap ini mengetahui keberadaan unit saya,,

    terima kasih komandan..

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.