Banyuwangi

Seorang Residivis Penggelapan Motor Ditangkap Satrerskrim Polresta Banyuwangi

Mulyono alias Made (40), residivis yang beraksi di 14 tempat kejadian perkara (TKP) diringkus Tim Resmob Satreskrim Polresta Banyuwangi.

Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Arman Asmara Syarifuddin mengatakan tertangkapnya pelaku berawal dari laporan dari salah satu pelapor yang menjadi korban penggelapan, Supomo.

“Dari laporan ini kita lakukan penyelidikan mendalam dan berhasil menangkap pelaku,” kata Kombes Pol Arman Asmara, Rabu (26/8/2020).

Dari hasil pemeriksaan, pria berbadan kekar dan bertato itu kerap melakukan aksi penggelapan motor. Modusnya berpura-pura menjadi pembeli. Dari aksinya itu, lanjutnya, Made telah beraksi di 14 TKP yang berbeda.

Pelaku, sebelum melancarkan aksinya berselancar di situs jual beli motor online. Setelah menemukan target incarannya, pelaku melakukan penawaran.

Setelah terjadi kesepakatan harga, tersangka membuat janji dengan calon korban untuk bertransaksi secara cash on delivery (COD).

Saat bertemu itu, lanjutnya, Made meminta korban untuk menunjukkan STNK dan BPKB motor. Setelah surat kendaraan terbukti lengkap, tersangka lalu memulai melancarkan tipu muslihatnya.

“Setelah surat kendaraan dipegang tersangka, pelaku berpura-pura ingin mengecek kondisi motor, test drive. Korban yang tidak menaruh rasa curiga mempersilahkan tersangka menjajal sepeda motornya dan dibawa kabur,” ujar dia.

Selain mengamankan tersangka, polisi mengamankan barang bukti satu unit Honda CB 150 Verza CW lengkap beserta STNK dan BPKB.

“Jadi motor tersebut sudah dijual oleh tersangka seharga Rp 17 juta. Karena memang STNK dan BPKB nya lengkap,” kata Arman.

Dari catatan polisi, tersangka merupakan seorang residivis dengan serupa. Pelaku kini dijerat Pasal 378 atau 372 KUHP dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara.

3 replies »

  1. Tolong pelaku penggelapan unit mobil rental atas nama elis anwati segera ditindak.laporan sudah dibuat belum ada tindak lanjutnya.korban sudah banyak .pelaku masih makan enak.

    Suka

  2. Pak mau tnya kasus penggelapan atas nama pelaku elis anwati ana indah lestari belum sgera ditangani ya pak di polrestabes sby..

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.