Batu

Mengaku Kiai dan Menipu Modus Gendam, 3 Orang Pria Ditangkap Satreskrim Polres Batu

Didik M Fauji (49), bersamaa dua orang rekannya yakni M Ali (50) dan M Salam (50) diringkus Satreskrim Polres Batu. Mereka diringkus karena kasus penipuan, melanggar KUHP Pasal 378 yang ancaman pidananya maksimal empat tahun.

Ketiga orang ini mengenakan pakain sorban laiknya seorang tokoh agama. Sarung putih, dan songkok juga putih. Mereka kemudian tiba di Kelurahan Sisir, Kota Batu dengan menyewa sebuah mobil.

Ketiganya warga Pasuruan. “Saat mendekati Ibu D, salah satu orang berperan sebagai kiai dari Pasuruan,” jelas Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama, Senin (13/7/2020).

“Salah satunya turun menyapa. Perannya melihat apa yang bisa diambil dari korban. Sempat ada percakapan. Peran kiai atau gus ini menyampaikan kepada korban mendoakan,” tambah lulusan Akademi Kepolisian tahun 2001 ini.

“Doa yang dipanjatkan kepada korban ini mudah-mudahan bisa terkabul keinginannya ke tanah suci. Tapi Korban diminta menyerahkan barang yang ada keringatnya dengan iming-iming didoakan,” ucap kapolres.

Korban yang menggunakan dua cincin emas langsung melepas dan membungkusnya di dalam uang kertas Rp 2 ribu dan dibalut kembali dengan tisu. Salah satu tersangka juga menyiapkan pengganti cincin emas itu dengan uang Rp 100 sebanyak dua keping yang juga sudah terbungkus.

“Korban yakin sehingga mau dan tidak tahu kalau barangnya ditukar. Dan tersangka Ini bilang kalau nanti dibuka di rumah, dicampur dengan air putih. Korban yakin dengan instruksi yang disampaikan, namun baru tersadar di rumah,” tambahnya.

Setelah mendapatkan laporan dari korban, lanjut Harvi, sapaan kapolres, penyelidikan tim Polres Batu berhasil mengungkap 2 x 24 jam, yakni pada 9 juli 2020. Ketiga tersangka itu ditangkap pada hari yang sama di Kecamatan Gondang Wetan dan Kecamatan Keraton, Pasuruan.

Kerugian korbam mencapai Rp 8 juta. Masing-masing cincin emas itu seberat 5 gram. Namun Polres Batu hanya mendapati barang bukti uang Rp 1,4 juta. Juga satu unit mobil yang dipakai saat beraksi.

Kategori:Batu, Berita Polres

Tagged as: , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.