Berita CIC

PSBB Surabaya Raya Disetop, Lanjut Masa Transisi 14 Hari

Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) Tahap III Surabaya Raya berakhir hari ini, Senin (8/6/2020). PSBB dipastikan disetop dilanjutkan masa transisi 14 hari jelang era normal baru atau new normal.

Keputusan itu didapat saat Pemerintah Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo dan Gresik menggelar rapat evaluasi bersama Pemerintah Provinsi Jawa Timur di Gedung Negara Grahadi, Jalan Gubernur Suryo, Surabaya.

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Jatim Heru Tjahjono menyampaikan bahwa Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa bersama Forkopimda Jatim telah melakukan diskusi bersifat teknis sebagai dasar pengambilan keputusan tersebut.

“Hari ini pergub (peraturan gubernur) soal PSBB sudah selesai pada 8 Juni. Tentunya dengan hasil rapat tadi malam (7/6) secara teknis. Sore tadi Gubernur Khofifah, Pangdam Brawijaya, Kapolda Jatim, Pangkoarmada II dan kepala daerah telah mengambil langkah-langkah yang artinya mereka yaitu para bupati dan walikota bahwa PSBB tidak diperpanjang. Bukan provinsi, tapi mereka (para kepala daerah),” tegas Heru.

Namun demikian ada masa yang harus dilakukan tiga daerah tersebut. Dalam rapat koordinasi, tiga kepala daerah membawa rancangan peraturan bupati (perbup) dan peraturan wali kota (perwali) sebagai laporan dan usulan agar PSBB Surabaya Raya tidak diperpanjang.

Ia menambahkan, roh atau isi perwali dan perbup salah satunya adalah masa transisi. Peraturan masa transisi sendiri tengah dibahas termasuk mempersiapkan pakta integritas gubernur.

Saat ditanya apakah artinya PSBB Surabaya Raya, tidak diperpanjang, Sekdaprov menjawab singkat.

“Ya sudah, ada masa transisi selama 14 hari. Langsung 14 hari,” jelasnya.

Pergub PSBB Surabaya Raya sendiri telah selesai pada tanggal 8 Juni 2020. Berarti, pergub telah selesai.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.