Berita Polres

Komplotan Begal Truk di Diringkus Satreskrim Probolinggo Kota

Komplotan pembegal truk yang kerap beraksi di kawasan tapal kuda diringkus Polres Probolinggo Kota.

Mereka ditangkap setelah membegal sebuah truk yang memuat dua ekor kerbau di Jalan Raya Brantas, Kelurahan Pilang, Kota Probolinggo pada Senin (11/5/2020) lalu.

Para pelaku adalah Nur Ahmadi Setyawan (39), warga dusun Kayu Putih, Desa Seruni Poin, Kecamatan Klakah, Kabupaten Lumajang; Ainun Naim (38), asal Dusun Krajan, Desa Tegalbangsri, Kecamatan Ranuyoso, Lumajang; Samsul Qomarudin (43), dari Dusun Gunung Tugel, Desa Curah Tulis, Kecamatan Tongas, Probolinggo.

Eko Febrianto (30), dari dusun Tegal Paron, Desa Selodakon, Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember; Qoirudin (40), Dusun Pilang Kencir, Desa Tanjungrejo, Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo, Sugeng (37), Desa Melawang, Kecamatan Klakah, Kabupaten Lumajang dan Safari warga Kabupaten Lumajang.

“Untuk 6 pelaku kita amankan di Probolinggo dan satu orang diamankan di Lumajang oleh Tim Buser Satreskrim Polres Probolinggo Kota,” kata Kapolres Probolinggo Kota, AKBP Ambariyadi Wijaya, Rabu (13/5/2020).

Menurutnya, modus yang dipakai pelaku adalah melakukan pemesanan dua ekor kerbau milik Busoko, warga Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang.

“Kerbau tersebut diangkut menggunakan truk bernopol N 8630 UF dengan tujuan pengiriman ke daerah Jember. Namun di tengah perjalanan, pelaku meminta sopir truk untuk ke daerah Klakah Lumajang,” jelasnya.

Sampai di Klakah, pelaku meminta kedua kerbau itu diturunkan di daerah sekitar pintu Tol Leces dan menuju Jalan Brantas Kota Probolinggo.

Komplotan itu kemudian melakukan penodongan menggunakan pisau dan celurit kepada sopir truk yang bernama Bambang bersama dua rekannya yang bernama Agus dan Busoko.

“Ketiga korban ketakutan dan melarikan diri untuk minta pertolongan warga. Sedangkan truk langsung dibawa oleh komplotan pelaku itu,” paparnya.

Korban kemudian peristiwa yang menimpanya itu ke polisi. Tim Buser yang mengejar kemudian mengamankan pelaku dan barang bukti di kawasan Tongas.

“Jadi dari komplotan pelaku pembegalan ini, ada yang bertindak sebagai eksekutor ada juga yang bertindak sebagai penjual atau penadah. Kami juga masih melakukan pengejaran terhadap seorang pelaku saat ini masih buron,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.