Berita Polres

4 Orang Penyebar Hoaks Virus Corona Ditangkap Satreskrim Blitar

hoaks blitarSatreskrim Blitar menangkap dan menetapkan empat orang menjadi tersangka atas penyebaran berita bohong atau hoaks terkait Virus Corona (Covid-19) di Blitar.

“Ada 15 orang yang diperiksa, empat orang ini adalah tersangka utamanya,” kata Kapolres Blitar, AKBP Ahmad Fanani Eko Prasetya di Mapolres Blitar, Rabu (18/3/2020).

Keempat tersangka terbukti menyebar dua informasi hoaks terkait Virus Corona. Pertama terkait imbauan Bupati Blitar soal 15 yang positif Corona dengan tersangka AD warga Lingkungan Karang Anom, Kelurahan/Kecamatan Nglegok. Dua menyebar hoaks itu ke media sosial Facebook.

“Pembuat konten adalah IZ warga Srengat di akun grup WhatsApp momsky. Lalu dibagi lagi oleh A ke Facebook,” ungkap Fanani.

Menurut Fanani, dua tersangka lain yaitu SES warga Kecamatan Kanigoro dan TMJ warga Kecamatan Selopuro. Kedua tersangka menyebar hoaks tentang pegawai Bank BRI disebut positif Virus Corona.

“Tersangka mengaku iseng. Padahal kita tahu hal itu mengakibatkan keresahan di Indonesia. Tersangka disangkakan Undang-undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang ITE. Ancaman hukumannya enam tahun penjara dan denda Rp 1 miliar,” bebernya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.