Berita Polres

Ngaku Dukun Pengganda Uang dan Tipu Korban 450 Juta, Seorang Petani Ditangkap Satreskrim Lamongan

penipuan lamonganAbdul Ghofur (38). Ia warga Desa Gempol Tukmloko, Kecamatan Sarirejo, seorang petani di Lamongan memperdaya korban hingga merugi Rp 450 juta. Ia menipu korban dengan mengaku bisa menggandakan uang.

Dalam aksinya menjadi dukun abal-abal pengganda uang, ia juga melibatkan seorang rekan AY, warga Jawa Barat yang kini masih berstatus DPO.

Modus penggandaan uang dengan cara memperpanjang pertemuan agar korban percaya dan mendapatkan uang dari korbannya, yaitu Umbar Waluyo, warga Mantup, Lamongan. Setidaknya, ada 7 media yang dimainkan. Yakni satu tongkat komando, satu pecut atau cemeti, satu buah cakar elang dan kujang yang semuanya terbuat dari kuningan, dan 2 biji pring petok. Ghofur juga menyerahkan lempeng logam, mata uang asing serta batu giok pada korban.

“Semua barang-barang ini diserahkan secara bergantian kepada korban dan setiap kali diserahkan selalu dengan imbalan uang hingga terakumulasi kerugian korban mencapai Rp 450 juta,” kata Kapolres Lamongan AKBP Harun saat rilis media di Mapolres Lamongan, Senin (17/2/2020).

Lebih jauh Kapolres menambahkan, pelaku mengaku semua benda-benda tersebut adalah benda bertuah, yang menjadi media pembuka kunci gunung harta, yang harus disertai dengan membeli burung cucakrowo, dan burung gagak bermata biru, merah dan hitam. “Terakhir pelaku memberi satu karung penuh yang diakui bisa menjadi uang dan ternyata isinya adalah daun pisang kering hingga korban pun melapor ke polisi karena merasa menjadi korban penipuan,” lanjutnya.

Kapolres menegaskan, pihaknya kini masih memburu seorang tersangka yang diakui Ghofur sebagai rekannya yang turut membidangi praktik modus penggandaan uang yang dilakukannya. Rekan Ghofur ini sudah masuk dalam DPO polisi.

“Terhadap tersangka akan kami dijerat Pasal 378 dan 372 KUHP dengan ancaman hukuman paling lama 4 tahun.” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.