Banyuwangi

Oplos Air Sumur dengan Etanol, Dua Orang Diringkus Satreskrim Banyuwangi

miras banyuwangiTim Satgas Garda Blambangan Polresta Banyuwangi meringkus dua pelaku terdiri dari pembuat dan pengedar minuman keras (miras) oplosan yang dibuat dari etanol yang dicampur dengan air sumur.

Satgas yang bernaung dalam Satreskrim Polresta Banyuwangi itu menangkap keduanya setelah mendapat laporan dari masyarakat. Dari kedua pelaku, polisi mengamankan barang bukti berupa 750 botol miras oplosan.

Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Arman Asmara Syarifuddin mengatakan pengungkapan miras oplosan adalah hasil penyelidikan Tim Satgas Garda Blambangan.

Tim menangkap MSAC, warga Kecamatan Blimbingsari di rumah kontrakannya, di Kecamatan Muncar. Setelah dilakukan pengembangan, petugas juga membekuk GEW yang berperan mengedarkan dan menjual miras oplosan kepada masyarakat.

“Tersangka MSAC ini membuat miras oplosan dari etanol sekitar 13 liter yang dicampur 17 liter air sumur ke dalam jeriken. Setelah dicicipi, sehingga pas rasanya menurut dia, dituang ke dalam botol ukuran 600 ml,” katanya, Kamis (23/1/2020).

Oleh MSAC, miras oplosan tersebut dijual seharga Rp 17 ribu per botol kepada GEW, warga Kecamatan Muncar. Kemudian oleh GEW, miras oplosan tersebut dijual ke masyarakat dengan harga Rp 25 ribu per botol.

“Menurut pengakuan pelaku, bisnis ini telah dijalankan sekitar 3 bulan,” ujarnya.

Saat menjual kepada warga, GEW mengatakan bahwa miras oplosan itu adalah arak dari Bali. Arman Asmara menambahkan, kadar alkohol dalam ethanol tersebut sebesar 90 persen.

“Pengakuan pelaku (MSAC) untuk sekali transaksi sebesar Rp 4.250.000 dari 250 botol yang diedarkan di lokal Banyuwangi. Dan telah beroperasi selama 3 bulan,” lanjutnya.

Kedua pelaku dijerat pasal 204 ayat 1 KUHP subsider pasal 142 UU RI nomor 18 tahun 2012 tentang pangan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.