Berita CIC

Ditreskrimum Polda Jatim Ungkap Dugaan Penyebab Ambruknya SDN Gentong Pasuruan

cicweb1Hasil laboratorium forensik terkait penyebab atap SDN Gentong ambruk di Pasuruan telah rampung. Polda Jatim memaparkan ada berbagai temuan penggunaan bahan yang tidak sesuai standar.

Sebelumnya, polisi telah menetapkan dua kontraktor D dan S menjadi tersangka kasus ini. Direskrimum Polda Jatim Kombes Gidion Arif Setyawan mengatakan ada beberapa bahan yang tidak sesuai dengan apa yang dikonstruksikan. Hasilnya, bangunan ini pun menjadi tak kuat.

“Ini ada dua tersangka, peran masing-masing karena kelalaiannya mereka dalam pelaksanaan pekerjaan dari SD gentong 2012 yang menurut hasil uji laboratorium forensik ada beberapa ketidaktaatan atau ketidaklaziman dalam pembangunan sebuah konstruksi gedung,” kata Kombes Gidion di Mapolda Jatim Jalan Ahmad Yani Surabaya, Senin (11/11/2019).

Kombes Gidion mencontohkan ada beberapa bahan konstruksi pembangunan gedung yang dikurangi kualitasnya.

“Misalnya nih ini harusnya kolom ini diisi oleh 4 besi. Besinya kalau sesuai perencanaan itu besi 12 istilahnya besi banci. Kalau dari uji laboratorium ketemu 8 koma sekian mili untuk lingkarnya apa diameternya 8 koma sekian mili. Nah ini salah satu kolom yang salah satu sudut seharusnya diisi ini harusnya 4 menjadi 3,” paparnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.