Berita CIC

Polda Jatim Ambil Alih Kasus Polsushut Jember yang Nembak Mati Pelaku Ilegal Logging

cicweb1Anggota Polisi Khusus Kehutanan (Polsushut) yang menembak mati Aris Samba, karena melakukan pembalakan liar yang terjadi di Taman Nasional Meru Betiri (TNMB) Jember, Jawa Timur yang sempat ditangani Polres Jember, kini diambil alih Polda Jatim.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Frans Barung Mangera, Selasa (8/10/2019) mengatakan, penyidik Polda Jatim masih melakukan pemeriksaan intensif terkait kasus itu. Pemeriksaan dilakukan apakah sudah sesuai prosedur atas tindakan yang dilakukan oleh petugas Polsushut.

Untuk diketahui, “kami hanya melakukan pemeriksaan awal terhadap 10 anggota Polsushut termasuk saudara Doddy yang diduga sebagai penembak. Selain itu, kami juga memeriksa dua warga sekitar. Penanganan diambil alih oleh Ditreskrimum Polda Jatim,” ujar Kapolres Jember, AKBP Alfian Nurrizal, Senin 7 Oktober 2019.

Dalam berita sebelumnya, seorang terduga pelaku perambahan liar (illegal logging) ditembak mati oleh Polsushut karena diduga mencuri kayu di Taman Nasional Meru Betiri (TNMB) yang berada di Dusun Krajan, Desa Andongrejo, Kecamatan Tempurejo, Jember.

Regu Polsushut yang sedang berpatroli tersebut berjumlah 10 personel. Korban yang diduga mencuri kayu itu bernama Aris Samba, yang melakukan aksinya bersama seorang rekannya.

Penembakan terhadap Aris Samba ini rupanya memicu ketegangan warga setempat. Dan untuk mendinginkan suasana, Kapolres Jember AKBP Alfian Nurrizal langsung melayat ke rumah keluarga Aris Samba di Dusun Krajan, Desa Andongrejo, Kecamatan Tempurejo, untuk menyampaikan duka cita dan memberi tali asih.

Kapolres Jember menegaskan, penembakan terjadi karena upaya pembelaan Polsushut. Kepada polisi yang memeriksa, Polsushut tersebut mengaku sudah menempuh upaya dialog persuasif.

“Sudah diberikan tembakan peringatan tiga kali, tetapi korban Aris yang diduga sebagai perambah kayu malah melawan dengan mengayunkan golok sehingga membahayakan keselamatan dari Polsushut,” lanjut AKBP Alfian.

Beberapa barang bukti seperti golok milik korban, senjata organik milik Polsushut, kini sudah diamankan polisi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.