Berita CIC

Operasi Sikat Semeru 2019, Ditreskrimum Polda Jatim Ungkap 17 Kasus Amankan 17 Pelaku Kejahatan Jalanan

cicweb1Dalam Operasi Sikat Semeru yang digelar selama 12 hari, Ditreskrimsus Polda Jatim meringkus total 17 penjahat. Para tersangka merupakan pelaku pencurian kendaraan bermotor di beberapa wilayah Jatim.

Kasubdit III Jatanras Ditreskrimum Polda Jatim AKBP Leonard Sinambela memaparkan ada beberapa kasus yang mendominasi. Misalnya kasus pencurian dengan pemberatan (curat) dan pencurian kendaraan bermotor (curanmor).

AKBP Leo menyebut pada kasus curat ada delapan kasus, sementara kasus curanmor ada enam kasus. Dari beberapa kasus ini, ditemukan di beberapa wilayah di Jatim yang cukup rawan.

“Wilayah yang paling rawan adalah Lumajang, Jember, dan Banyuwangi,” kata Leo kepada wartawan di Mapolda Jatim Jalan Ahmad Yani Surabaya, Kamis (3/10/2019).

Tak hanya itu, saat mengamankan 17 tersangka, Leo menyebut pihaknya juga mengamankan beberapa kendaraan, yakni 11 unit kendaraan roda empat dan tiga kendaraan roda dua.

Sebanyak 17 tersangka ini berasal dari berbagai daerah di Jatim, antara lain Lumajang, Pasuruan, Trenggalek, Mojokerto, Jember, dan Bali.

AKBP Leo menambahkan pihaknya juga menemui beberapa modus baru dalam kasus curanmor ini. Misalnya saja modus curanmor dengan menggunakan global positioning system (GPS).

Pemasangan GPS ini langsung dipantau pelaku untuk mengecek keberadaan mobil tersebut. Selain itu, ada modus gendam.

“Dari 17 tersangka itu, salah satunya adalah kejahatan dengan modus gendam,” imbuhnya.

Tak hanya itu, Leo menambahkan beberapa tersangka sudah ditetapkan masuk daftar pencarian orang (DPO) dan masih dalam pencarian.

“Sedangkan DPO yang sampai saat ini masih dicari adalah 4 komplotan pelaku pembunuhan korban Pasuruan. Saat ini baru tiga tersangka yang berhasil ditangkap,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.