Berita Polres

Komplotan Pembobol Brankas Antar Kota Dibekuk Satreskrim Madiun

curat madiunKomplotan pembobol brankas PT Bukit Mas Persada di Jalan Raya Madiun-Surabaya, Nglames, Madiun telah ditangkap.

Penangkapan komplotan ini gabungan dari Satreskrim Polres Madiun, Polres Ponorogo dan Polres Wonogiri.

“Sudah kami ringkus semua pelakunya. Total ada enam orang. Yang melakukan aksi di Madiun ada 5 pelaku. Tapi yang diproses di Polres Madiun 2 orang. Lainnya ada di Ponorogo dan Wonogiri,” kata Kapolres Madiun, AKBP Ruruh Wicaksono, Senin (16/9/2019).

Untuk pelaku yang diproses di Madiun adalah Imam dan Lukman. Keduanya beraksi bersama ketiga temannya untuk membobol brankas di Nglames Madiun pada 31 Agustus 2019 lalu.

Komplotan ini beranggotakan 6 orang, namun yang beraksi di Kabupaten Madiun ada 5 orang. Kelima berangkat ke Madiun setelah berhasil membobol Alfamart di Ponorogo dengan menyewa mobil Avanza.

Dari hasil keterangan pelaku diketahui jika Lukman bertugas sebagai driver dan petunjuk arah. Lukman juga yang menghentikan mobil sewaannya pada 50 meter sebelum PT Bukit Mas Persada.

“Empat lainnya yang masuk. Tapi berputar ke belakang ke areal persawahan. Karena lewat depan sudah dijaga satpam. Satpam juga tidak curiga karena mobil mereka diparkir jauh,” urainya.

Keempat pelaku diketahui berusaha masuk lewat ventilasi dengan jalan memanjat. Setelah berhasil, seorang pelaku kemudian membukakan pintu bagi ketiga rekannya.

“Mereka akhirnya bisa membobol brankas dan mengambil uang sebesar Rp 200 juta,” terang lulusan AKPOL 2000 ini.

Setelah berhasil menguras uang, komplotan ini kemudian kembali ke Gresik. Tak puas dengan hasil ini, mereka kemudian kembali beraksi di Bangkalan, Madura dan terakhir di Wonogiri.

“Sebelum beraksi di Wonogiri, mereka sudah dilumpuhkan tim gabungan. Sempat terjadi baku tembak, tapi akhirnya mereka tertangkap,” terangnya.

Pelaku dijerat pasal 363 ayat 2 KUHP, tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman hukuman 9 tahun penjara.

Kategori:Berita Polres, Madiun

Tagged as: , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.