Berita Polres

Pencuri Spesialis Rumah Kosong, Ditembak Satreskrim Mojokerto Kota

pencurian mokaSeorang pencuri spesialis rumah kosong ditembak kakinya oleh polisi karena melawan saat ditangkap. Ia memiliki modus yang terbilang unik dalam 19 kali pencurian di Kota Mojokerto.

Kapolres Mojokerto Kota AKBP Sigit Dany Setiyono mengatakan, Nurhaji merupakan pencuri spesialis rumah kosong. Dia tercatat telah beraksi di 19 TKP berbeda di wilayah hukumnya. Menurut dia, TKP paling banyak di Kecamatan Magersari.

“Dia (Nurhaji) pelaku tunggal. Dia masuk ke rumah kosong dengan merusak gembok pintu dan atap rumah korban menggunakan linggis kecil. Barang yang dicuri berupa uang, perhiasan emas dan barang elektronik,” kata AKBP Sigit di Mapolres Mojokerto Kota, Jalan Bhayangkara, Senin (9/9/2019).

Kapolres menambahkan pencurian yang dilakukan Nurhaji tergolong profesional. Agar rumah kosong yang menjadi sasaran pencurian tepat, dia lebih dulu mengintainya. Salah satu caranya dengan sengaja membuang sampah di depan rumah sasaran.

“Kalau sampai beberapa hari sampah tidak dibersihkan penghuni rumah, maka rumah tersebut kosong. Jadi, sampah menjadi jebakan yang dipasang pelaku,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, untuk mengelabuhi polisi, Nurhaji juga membawa 2 jaket. Jaket pertama dia pakai saat masuk ke rumah korban. Saat akan keluar rumah tersebut, dia menggunakan jaket kedua.

“Pelaku juga memakai sarung tangan agar tidak meninggalkan sidik jari di TKP,” terang Kapolres.

Rangkaian pencurian yang dilakukan Nurhaji akhirnya terhenti saat dia membobol sebuah rumah kosong di Kelurahan Wates, Kecamatan Magersari, Kota Mojokerto, Minggu (8/9) dini hari. Dia disergap polisi saat kabur dengan membawa hasil curian di Jalan Raya Semeru.

“Saat kami tangkap, pelaku merebut senjata api anggota kami. Sehingga terpaksa kami lumpuhkan,” kata Kasat Reskrim Polres Mojokerto Kota AKP Julian Kamdo Waroka.

Polisi juga menyita barang bukti dari tangan Nurhaji. Yaitu sebuah sepeda angin, 1 kubut atau linggis kecil, 2 jaket, sebuah topi hitam, sepasang sarung tangan, sandal, sepeda motor Honda Supra, serta hasil curian berupa perhiasan emas dan uang Rp 7,132 juta.

Akibat perbuatannya, Nurhaji dijerat dengan Pasal 363 ayat (2) KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan (Curat). “Ancaman hukumannya 7 tahun penjara,” terang AKP Waroka.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.