Berita CIC

Ditreskrimum Polda Jatim Beber Kronologi Kasus Penipuan dan Penggelapan Calon Jamaah Haji

cicweb1Proses penyidikan dugaan tindak pidana penipuan dan penggelapan calon Jamaah Haji yang ditangani Ditreskrimum Polda Jatim terus berlanjut, Selasa (6/8/2019).

Korban atas kasus itu Ichwanul Hakim, warga Gedung suko 3/24 RT 03 RW.02 Pacarkembang Tambaksari Surabaya serta 50 korban lainnya calon jamaah haji yang berasal dari daerah Pasuruan, Malang, Sidoarjo dan Pamekasan, Surabaya, Sumenep, Banjarmasin (Kalsel) dan Sanggau (Kalbar).

Kasus itu melibatkan pelaku HM Murtadji Djunaidi Drs (63) beserta kelompoknya, pekerjaan guru berdomisili di JalanMusing, Kelurahan Bondo Mungal, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Kasus ini berlangsung Selasa (6/8/2019) dengan lokasi kejadian Lapangan Bang. Kodir Bangil Kab. Pasuruan dan Jalan Raya sekitar asrama haji Sukolilo Surabaya

Kronologis kejadian para korban sebanyak 51 orang adalah para calon jamaah haji yang sudah terdaftar resmi di Pemerintah mulai tahun 2010 hingga 2018 yang secara resmi akan diberangkatkan pada tahun 2022 sampai tahun 2042.

Para korban tersebut dihubungi oleh tersangka Murtadji, bahwa bisa mempercepat pemberangkatan haji tahun 2019, namun dengan membayar biaya percepatan Rp 5 juta sampai dengan Rp 35 juta per orang dengan janji pasti akan berangkat dan semua dokumen pasport maupun visa sudah diurus dan hanya tinggal cap jari saja.

Pada saat akan berangkat dan akan mendapatkan tas/koper serta kain/baju ihrom, setelah ditentukan hari pemberangkatan, yaitu hari Senin (05/8/2019) ke 51 calon jamaah haji tersebut diminta untuk kumpul di Bangil Pasuruan.

Setelah itu diberangkatkan ke asrama haji dengan bus dan sampai disekitar asrama haji/klampis bus berhenti dengan alasan menunggu proses, karena lama para jamaah tidak sabar dan didatangi oleh petugas asrama haji sukolilo atu Kemenag Jatim beserta anggota Polsek Sukolilo.

Mereka menjelaskan jika akan berangkat haji, namun dijawab oleh petugas asrama haji bahwa tidak ada nama ke 51 calon jamaah tersebut. Dan mereka selanjutnya diminta agar melaporkan ke Polsek Sukolilo. Sementara Kapolsek Sukolilo, Kkompol Buhari diantar ke SPKT Polda Jatim guna melaporkan kejadian tersebut.

Saksi pelapor yang sudah dimingtai keterangan ICHWANUL HAKIM BIN R. MUHAMMAD DAHLAN AL GHANI, alamat Gedung suko 3/24 RT 03 RW.02 PacarkembangTambaksari Surabaya., SITI AZIZAH BINTI KHOLILI, alamat Bendo Mungal RT 01 RW.01 kec. Bangil Kab. Pasuruan dan 57 calon jemaah haji lainnya yang gagal berangkat.

Polisi melakukan pemeriksaan awal pelapor dan terlapor dengan inti keterangan, bahwa terhadap ke 51 korban tersebut ditawari percepatan pemberangkatan haji oleh tersangka Junaedi, para korban rata-rata sudah membayar Rp 3 juta hingga Rp 35 juta dengan cara transfer ataupun cash.

Para calon jamaah dijanjikan koper/tas. Baju ihrom dan pengurusan pasport hanya tinggal sidik jari saja pada saat diasrama haji dan bagi yang sudah mempunyai paspor dikumpulkan kepada tersangka Junaedi.

Para korban dijanjikan kepastian untuk berangkat pada bulan agustus 2019 tepatnya pada tanggal 05 Agustus 2019 untuk berkumpul di lapangan Bang. Kodir Pasuruan yang selanjutnya berangkat ke Asrama Haji Sukolilo.

Sisa kekurangan percepatan bisa dilunasi oleh keluarga calon jamaah apabila sudah berangkat.

Tersangka Junaedi mengaku, bahwa uang para calon jamaah tersebut diterima melalui bank BRI dan Mandiri sebagian besar dikirimkan kepada rekening bank BCA dan Mandiri milik saudara Syaifullah sebagai penanggung jawab percepatan pemberangkatan haji dan Junaedi dengan kejadian ini akan meminta pertanggung jawaban saudara Syaifullah.

Para korban calon jamaah haji pada intinya meminta kembali uang yang telah disetorkan kepada Junaedi namun tetap membuat laporan Kepolisian. Demikian diinformasikan Kabid Humas Polda Jatim Kombes Frans Barung Mangera.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.