Berita CIC

Tipu Calon Akpol 600 Juta, Mantan Wartawan Diringkus Satreskrim Polrestabes Surabaya

PENIPUAN SURABAYAPolrestabes Surabaya membongkar praktik penipuan yang berkedok menawarkan jasa bisa memasukkan seseorang menjadi anggota polisi.

Unit Resmob Satreskrim Polrestabes Surabaya mengamankan salah seorang yang mengaku menjadi anggota Badan Investigasi Mahkamah Agung (MA), perwakilan wilayah Jawa Timur, Jawa Tengah, Madura, dan Bali.

Tersangka adalah Agus Paidi (61), warga Jalan Dupak Bangunrejo gang 6 Surabaya yang juga merupakan mantan wartawan mingguan di Jawa Tengah.

Pelaku berhasil memperdayai Saiful Rohman warga Jalan Keputih Tegal yang ingin menjadi polisi dan meraup ratusan juta rupiah. Pelaku diamankan pada Sabtu (3/8) di Sidoarjo, setelah orang tua korban melapor ke Polisi Polrestabes Surabaya.

“Modus yang dilakukan pelaku meyakinkan calon korban bisa memasukkan menjadi anggota polisi dengan mengaku sebagai pegawai yang bertugas di Badan Investigasi Mahkamah Agung (MA),” kata Kanit Resmob Polrestabes Surabaya, Iptu Bima Sakti, Senin (5/8/2019).

Untuk meyakinkan korban, pelaku yang mengenakan pin MA tersebut juga melengkapi seluruh dokumen yang diketahui palsu.

“Pelaku mengatakan bahwa dirinya bisa memasukkan anak korban yang bernama Saiful Rohman menjadi Akpol. Agar lebih yakin tersangka mengajak korban untuk latihan renang dan olahraga lari,” ujarnya.

Korban yang yakin dengan tersangka kemudian menyerahkan uang Rp 600 juta secara bertahap sesuai dengan permintaan.

“Padahal sebenarnya pelaku tidak mempunyai pekerjaan tetap alias pengangguran,” tukasnya.

Dari kejahatan yang dilakukan oleh pelaku, polisi mengamankan barang bukti berupa satu surat keputusan Kepala Badan Kepegawaian Negara RI, Kop surat sekertaris Mahkamah Agung RI dan surat tanda penerimanan uang dengan kop surat Akpol. Semuanya palsu.

Atas kejahatannya, pelaku terancam pasal 378 KUHP dan atau pasal 372 KUHP tentang penipuan dan penggelapan dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.