Banyuwangi

Sindikat Penyeludupan Benih Lobster Antar Provinsi Dibongkar Satreskrim Banyuwangi

banyuwangi lobsterPenyelundupan benih atau benur lobster senilai Rp 2,6 miliar digagalkan Satreskrim Banyuwangi. Sindikat penyelundupan benih lobster antar provinsi itu digerebak pada saat sedang istirahat di salah satu rumah pelaku.

Penggerebekan dilakukan Tim Satpolair dan Resmob Polres Banyuwangi pada Kamis (27/6/2019) malam. Dari penggerebekan di sebuah rumah di Dusun Krajan, Desa/Kecamatan Pesanggaran sekitar pukul 21.30 Wib itu, tim ini menangkap empat orang. Sedangkan satu lainnya masih diburu.

Kapolres Banyuwangi AKBP Taufik Herdiansyah Zeinardi mengatakan, dari penggerebekan itu, tim gabungan juga berhasil menggagalkan penyelundupan benih lobster. Rencananya, benih lobster sejumlah 21.250 ekor atau setara Rp 2.675.000.000 itu hendak dikirim ke Serang, Banten melalui jalur darat.

“Penangkapan ini di sebuah rumah di wilayah Pesanggaran, didapati empat orang pelaku sedang melakukan pengemasan yang rencananya akan dikirim ke Serang, Banten,” kata AKBP Taufik, Jumat (28/6/2019).

Alumnus AKPOL tahun 1999 ini menjelaskan, empat pelaku itu berinisial SS (33), SR (19), AS (28) dan IN (35). Dalam pemeriksaan terungkap bahwa pengemasan dan rencana pengiriman tersebut merupakan yang kedua.

“Para pelaku ini mendapatkan barang ini dari wilayah laut selatan Banyuwangi,” terang mantan Kapolres Bondowoso ini.

Para pelaku, lanjut AKBP Taufik, dijerat Pasal 92 dan/atau pasal 88 UU Nomor 45 tahun 2009 tentang perikanan juncto Pasal 2 dan Pasal 7 Permen KP RI Nomor 56/Permen-KP 2016 tentang larangan penangkapan dan/atau pengeluaran Lobster dari wilayah NKRI.

“Sanksi pidana yang kita jeratkan, hukuman penjara paling lama 8 tahun dan denda maksimal Rp 1,5 miliar,” bebernya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.