Berita Polres

Satreskrim Blitar Ringkus Sindikat Penggelapan Kendaraan dan Pemalsuan STNK

pemalsuan stnkl blitarSatreskrim Polres Blitar meringkus komplotan penggelapan, penipuan dan pemalsuan STNK antar provinsi yang beroperasi di Blitar.

Kedua tersangka yang diringkus berinisial IA (19), warga Blitar dan Mochammad Mike Amrurobi (31), warga Kabupaten Jombang.

Kedua tersangka merupakan komplotan yang menggelapkan mobil atau motor serta memalsukan surat kendaraannya. Oleh tersangka, barang hasil kejahatan itu dijual melalui media sosial (medsos).

“Modusnya jual beli melalui media sosial. Dan sumber kendaraan ini adalah kendaraan yang digelapkan dari leasing dan beberapa tindak penipuan,” ujar Kapolres Blitar, AKBP Anissullah M. Ridha, Senin (1/7/2019).

Dari tangan kedua pelaku, polisi menyita sembilan mobil berbagai merk, empat sepeda motor, STNK dan plat nomor yang sebagian telah dipalsukan.

“Sebelum dijual, plat nomor ini dirubah belakangnya untuk disamakan STNK. Setelah dikawinkan lalu dilepas (dijual). Ini merupakan jaringan terbesar di Kabupaten Blitar,” ujar AKBP Anis.

“Harganya yang dijual variatif. Namun menurut pengakuan tersangka ia mendapat keuntungan Rp 1,5 juta sampai Rp 2 juta per mobil,” imbuhnya.

Kapolres meminta kepada masyarakat untuk melapor bila merasa kehilangan mobil atau sepeda motor. Polisi juga akan merilis data motor dan mobil yang telah dicuri oleh komplotan tersebut.

“Nanti akan kami berikan datanya. Bagi yang merasa kehilangan bisa memberikan bukti dan akan kami layani dengan baik,” tutupnya.

Kedua tersangka dijerat pasal berlapis dengan total ancaman kurungan sembilan tahun penjara.

IA, salah satu pelaku mengatakan transaksi penjualan mobil ataupun motor gelap dilakukan di lokasi netral atau di tengah-tengah antara rumah pelaku dan pembeli. IA juga mengaku sepuluh mobil dan motor telah dijual dari hasil kejahatannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.