Banyuwangi

26 Orang Diduga akan Ikut Aksi 22 Mei Diamankan Polres Banyuwangi

banyuwangi sweepingPolres Banyuwangi kembali menggelar sweeping bagi warga yang akan berangkat ke Jakarta, untuk menghadiri aksi gerakan kedaulatan bangsa tanggal 22 Mei mendatang. Hasilnya, 26 orang yang mencurigakan diamankan aparat.

26 orang yang berasal dari Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) ini diamankan di sebuah bus umum Lorena nopol B 7116 PGA, jurusan Denpasar-Jakarta. Bus yang baru saja turun dari kapal ini langsung di periksa oleh petugas yang standby di pintu keluar pelabuhan ASDP Ketapang, Minggu (19/5/2019).

“Mereka kami amankan di pelabuhan ASDP Ketapang. Setelah kita tanya, mereka tidak jelas mau apa ke Jakarta. Untuk pendalaman kita periksa ke Mapolres Banyuwangi,” ujar Kapolres Banyuwangi AKBP Taufik Herdiansah Zeinardi.

AKBP Taufik menambahkan, 26 orang itu saat diinterogasi menjawab dengan jawaban berubah-ubah. “Kita tanya jawabnya berubah-ubah. Kita tanya mau ke Jakarta ada apa. Satu jawab mau kerja di kapal, satu jawab tidak tahu. Koordinatornya juga berbelit-belit. Semua kartu pengenal dipegang oleh koordinator,” tambahnya.

Aksi sweeping ini dilakukan sekira pukul 22.00 Wib. Para petugas kepolisian di bantu dari petugas TNI menghentikan kendaraan umum dan pribadi yang keluar dari pelabuhan ASDP Ketapang. Aksi sweeping ini juga melibatkan anjing pelacak, untuk mengendus barang berbahaya yang dimungkinkan dibawa oleh penumpang.

Sweeping ini dilakukan untuk mengantisipasi penyelundupan bahan peledak, senjata tajam dan miras tradisional sejenis arak. Aksi ini juga sebagai penghalau masyarakat yang akan mengikuti aksi bela kedaulatan yang bakal di gelar di depan KPU.

Kegiatan sweeping terus dilakukan oleh pihak kepolisian. Ini dimaksud agar kegiatan people power yang digelar di Jakarta tidak anarkis dan tetap menjaga kondusifitas ibu kota negara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.