Berita CIC

Wajib Lapor, Oknum Mahasiswa ITS Kelompok Anarko yang Diamankan Saat Unras May Day di Surabaya

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Frans Barung Mangera, Kamis (2/5/2019) mengatakan, awalnya 5 pelaku yang diamankan di Polrestabes Surabaya terkait aksi demo buruh memperingati May Day (1 Mei) di depan gedung Negara Grahadi Surabaya.

Dari hasil pemeriksaan 3 diantaranya hanya ikut ikutan dipulangkan, sedang 2 terkena wajib lapor Senin dan Kamis. Kedua oknum  mahasiswa ITS yang wajib lapor adalah  AriefF Budiman (22) asal Cirebon adalah mahasiswa Semester VIII Teknik Kelautan ITS, Jl. Gunung Rinjani Raya II No., Kel. Larangan Kec. Harjamukti Cirebon dan  Jl. Keputih II A No. 13 Surabaya ( Korlap aliansi Front Mahasiswa Nasional ).

Rizky Pratama Lianto Putra (21) mahasiswa Jurusan Elektro Semester VI ITS, Jl. Gunung Anyar Emas,  Kelurahan Gunung Anyar Tambak, Kecamatan Gunung Anyar Surabaya. Mereka saat beraksi unras mengatasnakaman “Kelompok Anarko”memakai baju hitam berchitam dengan menggunakan bendera hitam berlogo A dilingkari warna putih.

Mereka terkait  melakukan  aktifitas dokumentasi kegiatan dari organisasi Front Mahasiswa Nasional (FMN) yang tidak dilengkapi dengan surat pemberitahuan sesuai dgn UU No. 9 Th. 1998 tentang penyampaian aspirasi dimuka umum dalam rangka demo buruh memperingati Hari Buruh Nasional. Kegiatan ini berlangsung depan Gedung Negara Grahadi Jalan. Gubernur Suryo 1 Surabaya.

Kedua Mahasiswa tersebut datang ke Gedung Negara Grahadi dalam rangka untuk mengkampanyekan organisasi Front Mahasiswa Nasional (FMN) yang baru dibentuk di Surabaya dengan memanfaatkan moment Hari Buruh Nasiona, Rabu  (1/5/ 2019).

Arief Budiman selaku Ketua dan  Risky  Pratama Lianto Putra selaku Ketua Departemen Organisasi dan Anindiya Judiono selaku Ketua Departemen Perempuan. Organisasi  FMN bergerak di bidang pendidikan.

Yang memiliki ide untuk melakukan unjuk rasas di depan Gedung Negara Grahadi adalah Arief Budiman dan aksi yang dilakukannya  atas seruan dari Ketua Umum Pusat FMN di Jakarta pada  23 April 2019 melalui email PP.FrontMahasiswaNasional@gmail.com yang diterima melalui email FMN.cabang.surabaya@gmail.com.

“ Terkait dengan aksi unras tersebut memang tidak memberitahukan terlebih dahulu kepada pihak Kepolisian,” tandas Kombes Barung-sapaan akrabnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.