Berita CIC

Pengunggah Video Anak Didorong dari Mobil Bisa Dijerat UU ITE

malang kota video viralSatreskrim Polres Malang Kota serius mengungkap video bocah SD diusir dari mobil yang viral di media sosial. Kini polisi menyasar pengunggah video berdurasi 1 menit 19 detik itu.

“Penyelidikan tentunya secara keseluruhan. Termasuk pengunggah video yang menampilkan kekerasan terhadap anak. Ini sungguh disesalkan dan juga bisa terjerat UU ITE. Karena menyebarkan ke media sosial,” kata Kasubbag Humas Polres Malang Kota Ipda Ni Made Seruni Marhaeni, Kamis (28/3/2019).

Sejak mendapatkan informasi adanya video kekerasan terhadap anak yang viral di media sosial, Tim Cyber Troop Polres Malang Kota langsung bergerak. Mereka menelisik akun pengunggah video tersebut.

Identifikasi dilakukan mulai dari mengungkap IP (internet protocol) address yang digunakan pemilik akun pengunggah ketika posting video itu. “Cyber Troop terus berpatroli, untuk mengungkap dan mengidentifikasi akun yang terkait dalam video itu,” imbuh Ni Made.

“Mem-posting konten berisi kekerasan tentunya sungguh disayangkan. Tindakan itu juga merupakan pelanggaran hukum. Jika perempuan dewasa dalam video merasa tercemar nama baiknya dan juga dirugikan karena postingan itu,” tambahnya.

Penyesalan juga dialamatkan kepada warga yang merekam. Karena semuanya berawal dari perekaman tersebut hingga kemudian viral di media sosial.

“Apakah orang yang sama akun pengunggah dengan yang merekam di lokasi sedang kita selidiki lebih jauh,” imbuh Ni Made.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.