Berita CIC

Pemilu 2019 di Jawa Timur, Kategori Pengamanan TPS Sangat Rawan, Tidak Rawan dan Rawan

Apel gelar pasukan Operasi “Mantap Brata Semeru 2019 ” (pengamanan pestas demokrasi Pileg dan Pilpres atau Pemilu 2019) berlangsung di lapangan Makodam V Brawijaya, Jumat pagi (22/3/2019). Operasi itu melibatkan 26. 827 personel dalam rangka Operasi Mantap Brata Semeru.

Dari 39 Polres jajaran Polda Jatim, tercatat 24.327 personel dan 25.000 personel dari Polda Jatim. Pengamanan paling banyak dari anggota Linmas 158.080 personel dan dari TNI 13.513.

“Personel paling banyak akan ditempatkan saat pengamananan di setiap titik Tempat Pemungutan Suara (TPS),” tandasnya.

Adapun prioritas penjagaan yaitu di 130.012 TPS di seluruh Jawa Timur. Operasi Mantap Brata memetakan tiga istilah kategori TPS mulai dari kurang rawan, rawan dan sangat rawan.

“Tiga kategori ini akan diterapkan skala prioritas yang berbeda antara yang mana TPS yang sangat rawan, tidak rawan hingga rawan,” lanjut Kombes Barung-sapaan akrabnya.

Kategori TPS rawan ditinjau dari berbagai aspek, misalnya kondisi geografis wilayah tersebut. Misalnya, daerah perbatasan Provinsi di ujung Jawa Timur, Banyuwangi yang berbatasan dengan pulau Bali. “Rawan karena situasi geografinya dan rawan karena history pernah terjadi hal-hal di wilayah tersebut,” ujarnya.

Lebih lanjut, Kombes Barung memaparkan, bahwa pola pengamanan satu TPS akan diamankan oleh dua personel gabungan TNI/POLRI, TPS rawan diawasi oleh satu pengaman. Apabila tidak rawan 4 TPS hingga 6 TPS akan diawasi oleh dua personel. Pola-pola pengaman seperti ini akan ditentukan saat gelar pasukan besok.

Usai apel gelar pasukan dilanjutkan penandatanganan deklarasi damai, pembacaan Ikrar dan diakhir acara apel gelar pasukan dilanjutkan ramah tamah Forkopinda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.