Berita CIC

Pohon Terkenal, Film Bioskop Pertama Produksi Humas Polri

Divisi Humas Kepolisian Republik Indonesia menempuh satu strategi lain dalam membangun citra positif organisasi, yaitu membuat film cerita untuk publik. Pohon Terkenal, film cerita terbaru yang dibintangi Umay Shahab, adalah film produksi perdana mereka yang baru saja dirilis di bioskop hari ini.
Pohon Terkenal dibuka di 197 layar bioskop 50-an kota pada Kamis, 21 Maret 2019. Film ini dibuat oleh produser Sumarsono bersama sutradara Monty Tiwa dan Annisa Meutia. Monty dan Annisa juga menulis naskahnya bersama Lina Nurmalina.

Menurut sinopsis resmi, film ini mengambil latar Akademi Kepolisian (Akpol) Semarang, tempat perwira polisi dididik sejak muda. Kisahnya berpusat pada tiga orang taruna baru bernama Bara Maulana (Umay Shahab), Ayu Sekarwati (Laura Theux), dan Johanes Solossa (Raim Laode). Mereka harus mengucapkan selamat tinggal kepada kehidupan remaja normal karena masa depan mereka tidak lagi menjadi milik sendiri.

Trailer filmnya telah dirilis sejak Februari lalu. Tampak bagaimana Bara, yang menganggur setelah lulus SMA, akhirnya bersedia masuk Akpol atas desakan sang ibu. Menurut ibunya, “Akpol itu gratis.”

Potongan dialog yang merujuk ke kondisi ekonomi keluarga Bara itu disambung dengan pidato instruktur ketika Bara sudah masuk Akpol. “Taruna, susah, senang, merasakan bersama. Tidak ada, ‘Kau anak siapa’ atau ‘Berapa banyak duitmu.’ Kalian di sini sama!”

Apa maksud dari judul Pohon Terkenal? Seperti diungkap dalam trailer, rupanya ini adalah sebutan bagi taruna pria dan wanita yang gemar membuat masalah. Tampak bahwa Bara, Maulana, dan Ayu adalah tiga “pohon terkenal” itu. Selain dinamika pendidikan taruna dan persahabatan mereka, trailer juga memotret relasi khusus antara Bara dengan Ayu.

Produksi ini bukan kali pertama Polri membuat kegiatan perfilman. Sejak 2014, Divisi Humas Polri telah membuat kompetisi film pendek tahunan bernama Police Movie Festival.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.