Berita Ditreskrimum

Tim Jatanras Ditreskrimum Polda Jatim Bekuk Penjahat Rokok dan Barang Elektronik Senilai Milyaran

jatanrasTim Jatanras, Ditreskrimum, Polda Jatim berhasil bekuk komplotan penjahat lakukan pencurian muatan truk yag dilakukan oleh kelompok Iwan Cs. Nilai barang yang dijarah senilai puluhan miliaran rupiah.

Dirreskrimum Polda Jatim Kombes Gupuh Setiono dan Kabid Humas Polda Jatim Kombes Frans Barung Mangera serta Kasubdit Jatanras AKBP Leonard Sinambel, Rabu (16/1/2019) mengatakan, komplotan tindak kejahatan yang dilakukan berupa muatan truk yang mengangkut rokok dan barang elektronik seperti televisi sebagaimana dimaksud pasal 372 dan atau pasal 480 KUHP yang terjadi di Tanggulangin Sidoarjo, Jawa Timur.

Kasus ini melibatkan tersangka berinisial WK alias Gosong (45) sopir truk residivis warga Kaliputuh , Kudus, Jateng ibitung Bekasi Jakarta ke TKP. Sopir ini membawa muatan dari Cibitung Bekasi Jakarta ke TKP sebaga perencana dan otak untuk penggelapan barang muatan.

Tersangka R alias Rudi, pecatan polisi (41) residivis warga Gempolsari terlibat kasus pembajak truk, ini juga sebagai otak dan perencana bersama WK. Lanjut terangka YA ( 35) warga Ngangel Mulyo Surabaya sebagai membantu membongkar muatan dan mengepul barang hasil kejahatan barang.

Tersangka MAK (48) warga Randengan Tanggulangin, Sidoarjo membantu mencarikan truk dan gudang serta membantu menjualkan barang hasil kejahatan elektronik. Tersnagka inisial W (33) warga Kebonsari Candi, Sidoarjo menjual barang hasil kejahatan berupa televise (barang elektronik)

Tersangka MC alias Budi ( 48) warga Desa Suko, Sidoarjo menampung bang hasil kejahatan. Tersangka ANA alais Iwan (39) warga Desa Bendosari, Ngantru, Sidoarjo. Menampung barang hasil kejahatan selaku membongkar muatan dan membuang truk pengangkut muatan elektronik di Beji. Dan tersanga AH alias Arik (46) warga Jambangan Surabaya yang menampung barang hasil kejahatan.

Kronologi pada 9 Januari 2019 tersangka WK alias Gosong menerima tugas untuk mengirim barang elektronik dari gudang LG di Cibitung Bekasi Jakarta untuk dikirim ke gudang G Denpasar Bali dan diberikan surat jalan dengan muatan berisi mesin cuci, AC, televise oleh Handoko, salah satu staf dari gudang LG yang ada di Bitung Bekasi Jakarta.

Sedang tersangka W selaku sopir setelah keluar dari gudang LG Cibitung dengan mengendarai truk Fuso L 8080 UJ, lalu menghubungi tersangka R alias Rudi (pecatan Polri) yang selanjutnya janjian akan bertemu di Widang, Tuban Jawa Timur.

Pada Kamis 10 Januari 2019 sopir, tersangka WK mampir di PT Alek beralamat di Kudus Jateng yang bergerak di jasa transportasi pengiriman barang di tempat pelaku bekerja untuk menemui pemiliknya (pelapor) untuk meminta tambahan ongkos perjalanan eke Denpasar Bali.

Pada Jumat 11 Januari 2019 jam 01.30 WIB bertemu R alais Rudi di Widang Tuban in diantar mobil sewaan bersama tersangka ANA alias Iwan, lalu tersangka WK dan R mengendarai truk Fuso L 8080 UJ untuk menjual barang hasil kejahatan berupa elektronik keada tersangka Y, dimana tersangka ANA alias Iwan untuk mengkordinir pembongkaran muatan truk tersebut mendahului untuk menemui tersangka Y di Rungkut Surabaya.

Pada pukul 04.30 WIB truk muatan barang elektronik yang dikemudikan pelaku sampai di Palang pintu rel KA di Tanggulangin Sidoarjo , lalu ke warung kopi lanjut datang Y bersama anak buahnya dan tersangka ANA alias Iwan untuk mengambil alih truk dikemudikan anak buah tersangka ANA alias Iwan untuk mengambil alih truk dikemudikan anak buah tersangka Y. Lalu dipindahkan parkir di areal pekarangan yang sepi daerah Tanggulangin Sidoarjo karena kendaraan tidak bisa masuk gudang yang disewa oleh tersangka Y di Tanggulangin Sidoarjo.

Pada 12 Januari 2019, telah mendapat tempat penyimpanan parker truk di Gunung Gangsir, Beji, Pasuruan dan dilakukan bongkar isi barang muatan elektronik dengan menggunakan dua truk yang disewa oleh tersangka Y melalui tersangka AK.

Usai dilakukan pembongkaran truk Fuso L 8080 UJ di buang di pinggir jalan dekat SPBU Beji Pasuruan dalam keadaan ban dikempesi dan mobil terkunci yang dilakukan anak buahn tersangka Y dan tersangka ANA alias Iwan.

Barang bukti yang disita truk Fuso, 459 diantaraya unit berupa televise, mesin cuci, AC dan kulkas, 10 HP, 3 buku tabungan BCA, dan ang tunai Rp 6.650.000

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.