Tips dan Informasi

Waspada Bagi Para Pengguna WhatsApp

Untitled-1Saat ini, salah satu aplikasi chat paling populer di Indonesia adalah WhatsApp. Ya, aplikasi ini merupakan aplikasi perpesanan yang sangat mudah digunakan. Namun, apakah Anda tahu ada banyak jenis penipuan di WhatsApp yang dapat membahayakan?

Apakah Anda tahu bahwa ada banyak pihak tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan nama tenar dari WhatsApp untuk mengelabui orang lain dan berusaha meraup untung dari mereka? Benar, jenis penipuan WhatsApp seperti ini wajib Anda waspadai. Kira-kira, jenis penipuan seperti apa ya yang ada di WhatsApp?

Penipuan video call WhatsApp

1Jika anda pernah mendapati pesan bernada “Anda diundang untuk mencoba fitur Video Call Whatsapp,” lalu disertai tautan “aktivasi” dan klaim bahwa hanya anda yang terpilih untuk bisa mencoba fitur dimaksud, maka jangan diklik. Sebab itu merupakan situs berbahaya yang bisa merusak smartphone anda.  Sebenarnya WhatsApp sendiri tidak memberi syarat apapun untuk mengaktifkan video call. Tak hanya satu modus itu saja, ada juga pesan lain bernada sama yang menggunakan kedok berbeda, yakni menjanjikan hadiah dalam rangka “ulang tahun WhatsApp”. WhatsApp sendiri tidak pernah mengadakan hal ini, tolong di ingat, karena terkadang kita haus akan hadiah-hadiah yang gratis.

2Hati-hati juga jika tercantum link: whatappvideostart.com yang mengarahkan anda ke situs mirip WhatsApp padahal sebenarnya mengambil data pribadi anda. Maka dari itu anda harus hati-hati dan tidak perlu gegabah dalam menindaki hal semacam ini. Jangan mengeklik suatu link yang tidak jelas.

 

Fake Voicemail (Voice Mail Palsu)

3Fake voicemail merupakan salah satu jebakan yang dibuat oleh hacker-hacker yang ingin mengambil informasi berharga dari smartphone anda. Mereka mengirimkan email berisi pesan bahwa ada pesan suara (voicemail) melalui WhatsApp yang belum anda dengarkan. Untuk mendengarkannya, anda diminta untuk menekan sebuah tombol Play di email tersebut. Namun, tombol tersebut rupanya terhubung ke sebuah malware yang dapat mencuri informasi pribadi bahkan mengunci smartphone anda secara tidak bertanggungjawab. Jangan Buka Email Ini Jika Tidak Mau Kena Virus! ini.

Pages: 1 2 3 4

Kategori:Tips dan Informasi

Tagged as: ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.