Banyuwangi

Polres Banyuwangi Tangkap TNI Gadungan

1Menyaru sebagai anggota TNI, Yono Fariyanto alias Yusuf (52) warga Perumahan Brawijaya Banyuwangi, dibekuk. Yusuf menjadi TNI gadungan, untuk menipu puluhan korbannya agar menyerahkan kendaraan yang kemudian dijualnya.

Modus yang dilakukan tersangka, sambung mantan Kapolres Bondowoso ini, bermacam-macam. Salah satunya menghentikan pengendara motor di jalan. Kemudian diminta mengantarkan ke suatu tempat. Pelaku lalu memberi sejumlah uang kepada korban. Kemudian korban ditinggal dan motornya dibawa kabur. 

Pria ini ditangkap di area SPBU Sukowidi Jalan Yos Sudarso, Banyuwangi sekitar pukl 03.30 WIB, Kamis (15/11/2018). Saat diamankan, tersangka masih memakai seragam TNI lengkap. Dia pun digelandang ke Polsek Banyuwangi untuk menjalani pemeriksaan. 

Dari hasil penggeledahan di rumah pelaku, polisi mendapatkan banyak barang bukti. Di antaranya, baju dinas Angkatan Laut (AL) berwarna biru, sepatu dinas AL, jaket Dinas AL, kartu Tanda Anggota AL palsu, tas dan topi marinir. Polisi juga menemukan sejumlah surat kendaraan yang diduga terkait dengan kejahatan tersangka. 

“Sejauh ini sudah ada 11 laporan Polisi yang kami terima, kami masih menunggu laporan korban yang lain,” kata Kapolres Banyuwangi AKBP Taufik Herdiansyah Zeinardi.

Atas perbuatannya, tersangka dijerat dengan pasal 378 KUHP jo pasal 372 KUHP tentang penipuan dan penggelapan. Pihaknya masih mendalami kasus ini. Pihaknya meyakini masih ada korban lain yang belum melapor.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.