Berita Polres

6 Penyerang Mahasiswa IAIN Dibekuk Polres Tulungagung

1Polisi menangkap enam pelaku penyerangan mahasiswa IAIN Tulungagung yang terjadi di wilayah Plosokandang. Dari keenam pelaku, dua diantaranya masih di bawah umur, sehingga pihaknya tidak akan melakukan penahanan. Sedangkan empat tersangka lain langsung ditahan di sel tahanan Polres Tulungagung.

Wakapolres Tulungagung, Kompol Andik Gunawan, megatakan keenam tersangka adalah MZ (20), RC (19), MAP (23), AMY (20), AD (17) dan BFA (17), seluruhnya warga Desa Banjar, Kecamatan Ngantru, Tulungagung. Selain tersangka, polisi juga mengamankan sejumlah barang bukti berupa beberapa bongkahan batu yang digunakan untuk menyerang mahasiswa serta sejumlah telepon genggam milik pelaku.

“Begitu korban melapor, anggota dari Polsek Kedungwaru dengan dibantu tim dari Satreskrim Polres Tulungagung melakukan proses penyelidikan, hingga akhirnya berhasil menangkap para pelaku ini,” kata Kompol Andik di Mapolres Tulungagung, Rabu (14/11/2018).

Aksi penyerangan tersebut diduga dilakukan secara spontan, lantaran salah satu korban memakai kaos salah satu perguruan silat yang tidak sealiran dengan para pelaku. Akibat penyerangan itu, satu korban mengalami luka di bagian punggung akibat tusukan benda tajam, serta satu korban lain mengali memar di bagian perut.

Akibat perbuatannya kini para pelaku diamankan di Polres Tulungagung dan dijerat pasal 170 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal lima tahun penjara.

Polisi berencana melakukan proses diversi terhadap dua pelaku penyerangan mahasisnya karena berstatus masih di bawah umur. Keduanya akan dikembalikan ke orang tua untuk dilakukan pembinaan lebih lanjut. Sementara itu empat tersangka lain yang telah berusia dewasa akan dilakukan proses hukum sebagaimana mestinya.

Kebijakan diversi tersebut sesuai dengan Pasal 1 ayat 7 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak. Dengan penyelesaikan di luar peradilan pidana diharapkan kedua pelaku bisa dilakukan pembinaan lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.