Berita Ditreskrimum

Musisi Ahmad Dhani Penuhi Panggilan Penyidik Subdit II Ditreskrimum Polda Jatim

Sekitar pukul 16.20 Wib, Rabu (24/10/2018) musisi Ahmad Dhani (AD) memenuhi panggilan penyidik Ditreskrimum, Polda Jatim. Kehadiran AD terkait dugaan kasus penipuan dan penggelapan sekitar Rp 20 juta.

Kasus Penipuan dan atau Penggelapan dengan terlapor Ahmad Dani Prasetyo sesuai LPB /1232/IX/2018/tanggal 26 September 2018 dengan pelapor Arif Fathoni.

Untuk diketahui kronologi saat korban (M Zaini Ilyas) pada Mei 2016 ditawari Ahmad Dani kerjasama proyek pembangunan Villa di Batu, Jawa Timur. Sehingga korban menyerahkan uang Rp 400 juta (2 kali transfer masing masing Rp 200 juta ke rekening Ahmad Dani).

Ahmad Dani menjanjikan keuntungan 5 % plus modal yang akan dikembalikan pada bulan berikutnya, namun tidak terealisir. Korban menagih hingga memberikan somasi ke Ahmad Dani, hingga akhirnya dibayar separo sebesar Rp 200 juta, sedangkan sisanya plus keuntungan hingga saat dilaporkan belum dibayar.

Berdasarkan keterangan saksi korban, bahwa korban menyerahkan uang setelah Edi Rumpoko menyampaikan bahwa Ahmad Dani akan ada pekerjaan.

Setelah dilakukan pengecekan TKP, benar pada akhir Oktober 2015 ada kontrak kerjasama pembangunan villa antara Ahmad Dani dengan Saksi Dewi Tirta, namun tidak selesai. Masih diperlukan keterangan Ahmad Dani, apakah benar uang yang dari korban digunakan untuk kepentingan membangun villa tersebut, atau digunakan untuk lainnya diluar itu.

Upaya penyidikan, tim penyidik Subdit II, Ditreskrimum, Polda Jatim menerbitkan Sprint Penyidikan pada tanggal 8 Oktober 2018.

Melakukan pemeriksaan terhadap saksi yaitu Eddy Rumpoko (mantan Walikota Batu) di Lapas Sidoarjo, Arif Fathoni (pelapor/kuasa hukum), korban M. Zaini Ilyas, Puguh.Saksi lain Dewi Tirta di Batu , Malang (Manajer Singhasari Resort, saksi yang bekerjasama dengan Ahmad Dani membangun proyek Villa).

Selain itu, melakukan penyitaan bukti transfer, bukti chat SMS antara Ahmad Dani dengan korban tahun 2016.Lanjut melakukan pemeriksaan pihak Bank BCA aliran dana dari korban ke Ahmad Dhani.

Pada Senin 15 Oktober 2018 pukul 09.00 WIB, melakukan pemanggilan Ahmad Dani sebagai saksi namun tidak hadir.Lalu penyidik menerbitkan panggilan ke 2 untuk hadir pada Selasa 23 Oktober 2018 (sesuai surat kuasa hukum Ahmad Dani, setelah menerima panggilan 1, menyatakan bersedia hadir pada 24 Oktober 2018).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.