Berita CIC

Kapolda Jawa Timur: “Kita Harus Netral”

Tahapan kampanye Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) dimulai, Minggu (23/9/2018). Mengawali kampanye, KPU secara serentak melakukan kegiatan Deklarasi Kampanye Damai.

Di Surabaya, deklarasi di pusatkan di Kantor Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jatim, Jl. Raya Tenggilis Surabaya. Dan akan dihadiri seluruh Tim Sukses masing masing pasangan calon, serta elemen partai pendukungnya.

Tidak hanya itu, aparat kepolisian dari Polda Jatim juga akan turut hadir pada deklarasi yang dijadwalkan dimulai pada pagi ini, sekitar pukul 07.000 WIB. Polisi sebagai salah satu elemen pendukung pelaksanaan Pemilu.

“Kampanye Damai, akan dihadiri oleh Kapolda Jatim dan Wakapolda,” jelas Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera, Minggu (22/9/2018).

Sementara itu, pada Pilpres 2019 nanti akan diwarnai dengan keterlibatan sosok masing masing dua Jenderal mantan petinggi di Jatim. Baik dari kubu Jokowi – Ma’ruf, maupun Prabowo – Sabdiaga.

Dikubu Jokowi, ada nama mantan Kapolda Jatim, masing masing Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin sebagai Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jatim, dan Irjen Pol (Purn) Hadiatmoko, sebagai Wakil Ketua yang juga Ketua Partai PKPI Jatim.

Sedang dikubu Prabowo, terdapat mantan Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI (Purn) Soewarno dan mantan Kapolda Jatim Irjen Pol (Purn) Anton Setiadji yang juga Ketua Partai Berkarya Jatim.

Menanggapi adanya keterkibatan mantan aparat TNI dan Polri, Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan sebelumnya dengan tegas menyatakan kenetralan Polri. Begitu halnya dengan Pangdam V Brawijaya, Mayjen TNI Arif Rahman.

“Sudah jelas, kami dengan Pak Panglima TNI, netralitas kita sepakat. Kita harus solit, kita harus netral dalam rangka Pilpres 2019,” tegas Kapolda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.