Berita Polres

Polres Tanjung Perak Gagalkan Penyelundupan 13 Mobil ke Timor Leste

Untitled-1Anggota Satreskrim Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya berhasil mengamankan pelaku berinisial IK (35), asal Kuningan, Jawa Barat ditangkap lantaran hendak menyelundupkan mobil setelah polisi melakukan penyelidikan dan pengecekan terhadap status 13 mobil tersebut.

“Rencananya mobil-mobil ini akan dikirim Timor Leste dan Maluku, melalui jalur Nusa Tenggara Timur (NTT) ” kata AKBP Antonius Agus Rahmanto, Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Senin (16/7/2018).

Agus Rahmanto menjelaskan, dari hasil penyelidikan dan pemeriksaan terhadap IK, sebanyak 13 mobil itu masih dalam masa kredit lima lembaga pembiayaan dan dibobol debitur. Kelima lembaga pembiayaan yang dibobol debitur, yakni Adira Finance, ACC Finance, BCA Finance, Buana Finance dan Otto Finance.

“Kami sudah periksa lima finance (lembaga pembiyaan) dan mempunyai Sertifikat Jaminan Fidusia yang mereka daftarkan dan diterbitkan Kemenkumham,” jelas Agus.

Agus Rahmanto menegaskan, Sertifikat Jaminan Fidusia itu menjadi hal dasar dalam penanganan pidana fidusia. Sesuai Pasal 14 ayat 2 UU RI No 42 Tahun 1999 disebutkan, Sertifikat Jaminan Fidusia memiliki kekuatan eksekutorial yang sama dengan keputusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum.

Dalam kasus penyelundupan 13 mobil ini, lanjut Agus Rahmanto, ini melanggar Pasal 36 UU RI No 42 Tahun 1999 tentang fidusia. Pemberi fidusia (debitur) yang mengalihkan, menggadaikan dan menyewakan benda yang menjadi jaminan fidusia yang dilakukan tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu.

“Semua mobil yang kami amankan ini langsung serahkan kelima finance,” jelas Agus Rahmanto.

1 reply »

  1. kasus kayah gini kayah ya juga ada di daerah trosobo sidoarjo bahkan plat nomor kendaraan yaya dirubah dan yang paling miris di telinga beli ya pada oknum aparat

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.