Berita CIC

Pilkada 27 Juni 2018, Polda Jatim Siapkan Dua Pertiga dari Total Kekuatan Anggotanya

Untitled-1Polda Jawa Timur mengerahkan dua pertiga dari total kekuatan personel yang dimiliki untuk mengamankan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada 27 Juni 2018 mendatang. Demikian ditegaskan Kapolda Jawa Timur Irjen Machfud Arifin saat melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Mapolres Jombang, Senin (2/4/2018).

“Sudah kami persiapkan sejak jauh hari dengan menurunkan dua pertiga kekuatan dari Polri. Misalnya jika Pilkada diselenggarakan besok pun kami siap,” tandasnya.

Saat ini, lanjutnya, Polda Jatim memiliki kekuatan total 32.000 personel lebih. Jika dihitung dua pertiganya, berarti 26.000 personel. Mereka inilah yang disiapkan untuk mengamankan Pilkada Serentak 27 Juni 2018.

Kapolda menambahkan, saat ini Polri lebih mengintensifkan pemetaan kondisi di daerah yang menyelenggarakan Pilkada. Mulai dari pemetaan penyelenggara hingga kondisi terkini di daerah tersebut.

“Kepada Babinkamtibmas (Bintara Pembina Kamtibmas) harus tahu berapa jumlah TPS (tempat pemilihan suara) yang ada di desanya. Siapa KPPS-nya dan kondisi daerah seperti apa,” imbuhnya.

Pemetaan pengamanan mulai diintensifkan karena sebentar lagi memasuki bulan Ramadan, sehingga pengamanan tidak terpecah dengan kegiatan lain. Secara umum seluruh wilayah Jawa Timur, belum ada daerah yang masuk dalam zona merah kerawanan pilkada. Namun Kapolda mengaku tidak mau under estimated dan tetap fokus dalam pengamanan.

“Secara nasional pun kita juga masih dalam zona aman dari konflik,” pungkasnya.

Di Jawa Timur, dari 38 kabupaten atau kota, tercatat 18 daerah akan menggelar pilbup/pilwali dan satu Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur. Jadi total ada 19 Pemilihan kepala daerah serentak pada 27 Juni 2018.

Rinciannya, seluruh 38 daerah akan menggelar Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur, kemudian 13 kabupaten memilih Bupati dan Wakil Bupati dan lima kota akan memilih Walikota dan Wakil Walikota.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.