Berita Ditreskrimum

Proses Dugaan Pengacara Palsu Tandatangan Segera Ditindaklanjuti Penyidik

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Frans Barung Mangera, mengatakan, Trisulowati Jusuf alias Chin Chin yang lapor ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polda Jatim terkait dugaan pemalsuan tandatangan yang dilakukan oleh oknum pengacara pada Senin (5/2/2018) segera ditindaklanjuti oleh penyidik.

Tentunya, lanjut Kabid Humas Polda Jatim, penyidik akan bekerja ekstra untuk menuntaskan kasus yang diporkan oleh Chin Chin itu.

Sebegaimana diketahui, oknum pengacara yang dilaporkan Chin Chin ke Mapolda Jatim, karena dugaan pemalsuan tanda tangan surat kuasa dalam gugatan praperadilan yang diajukan Gunawan Angka Widjaja melawan Polda Jatim ke Pengadilan Negeri (PN) Surabaya

Chin Chin saat lapor sekitar pukul 10.15 WIB didampingi kuasa hukumnya Hotman Paris Hutapea SH. Sebelum masuk ke ruang SPKT, tujuannya melaporkan dua oknum pengacara yang memegang perkara praperadilan itu.

“Oknum itu berinisial AM dan EDN. Mereka kami laporkan terkait dugaan pemalsuan surat kuasa dan penyembunyian DPO dan menghalang-halangi penyidikan,” kata Chin Chin didampingi Hotman

Dikatakan Hotman, pasal yang dipersangkakan dalam laporannya nanti adalah pasal 263 ayat 1 KUHP dengan hukuman ancaman 6 tahun penjara dan pasal 221 KUHP dengan ancaman hukuman 9 bulan.

Menurut Hotman, untuk pengajuan gugatan praperadilan untuk dua laporan polisi yakni nomor Laporan Polisi (LP) 100 dan LP nomor 101. Padahal di LP Nomor 100, Gunawan baru ditetapkan sebagai tersangka pada 2 Januari 2018. “Surat kuasa ditandatangani tanggal 27 Oktober 2017. Artinya surat kuasa itu dibuat sebelum Gunawan menjadi tersangka,” ujarnya.

Dijelaskan Hotman, atas surat kuasa yang ada, seharusnya Kepaniteraan Pidana di PN Surabaya tidak menerima. “Dari awal tidak layak untuk disidangkan dan layak untuk ditolak,” tandasnya

Chin Chin menegaskan, menduga tanda tangan dalam surat kuasa bukan tanda tangan dari Gunawan. Ia melihat dari garis tangan Gunawan tidak sama. Ciri-cirinya tulisan Gunawan tulisan agak bulat, sedangkan ini agak lancip. Ini juga ada pembandingnya,” lanjut Chin Chin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.